f11a4da3e827.html

df36a31bf43d
#ForeignExchangeShield #USDIDRResearch #GlobalAnalysisResearch #RealResearch #Fit4GlobalSocietyCare #SelfReminder

Ketikkan yang ingin Anda Cari!

USDIDR and Other Currency Research (untuk Keseimbangan Sektor Riil dan Non Riil)

FIT4GLOBAL SOCIETY CARE: Siapa sangka Radang Lutut dalam jangka panjang bisa beresiko Gagal Ginjal?

#Fit4global_Society_Care
Diposting sebagai pengingat diri atas ilmu lutut dan anugerah Allah SWT atas pentingnya menjaga kesehatan lutut.

Sungguh Allah itu Maha Segalanya, Sumber Ilmu yang luarbiasa, tak terhingga sehingga menjadikan diri ini kecil di hadapan-Nya.

Lutut. Ya, lutut ini bagi saya adalah bagian tubuh manusia yang luarbiasa, pertemuan dua tulang yang dibalut dengan otot yang kuat beserta syarafnya. Sangat lentur namun sangat kuat untuk menopang segala kegiatan manusia selama hidup, entah berlari, berlompat, berjalan, menekuk, berputar, dan lain sebagainya. 
Di saat saya mengalami cedera lutut akut sebelumnya, sehingga saya mengalami kelumpuhan sementara, yang tentu saja dengan rasa sakit yang sangat luarbiasa. Masyaallah, teramat sangat linu dan sakit. Rasanya hingga ke ubun-ubun dan tentu saja aktivitas normal sebagai manusia menjadi sangat terbatas.
Untuk bisa pulih secara natural pun saya perlu mempelajari syaraf, otot, dan tulang lutut, berikut karakteristiknya sehingga saya mulai bisa memahami lutut, yang pada akhirnya juga mulai memahami sendi-sendi tubuh lainnya. Dari sinilah saya bisa pulih normal seperti sediakala, bisa beraktivitas normal seperti sebelumnya. Sesuatu yang sangat tidak masuk akal, mengingat resiko cacat menghantui saya saat cedera lutut akut saat itu.
Dari pengalaman saya itulah, saya tergerak untuk membantu saudara dan teman yang mengalami cedera lutut, mengingat rasa kemanusiaan dan luarbiasanya sakit karena hal itu. Saya selalu berpesan pada mereka semua, jagalah kesehatan lutut, karena itu sangat penting bagi diri kita, jangan diforsir berlebihan kerja lututnya. Sayangi lutut Anda. Hikmah besar bagi saya pernah mengalami cedera lutut akut sehingga saya berusaha memotivasi masyarakat agar menjaga kesehatan lututnya.

Waktu terus berjalan tak terasa kemudian, kemarin saya bertemu dengan seseorang, sebut saja mr DCS, yang mengalami radang lutut sebelumnya hingga akhirnya berakibat fatal. Mendengar penuturan beliau, saya tertegun, terhenyak, serasa disambar petir di siang bolong, betapa mengerikannya akibat dari radang lutut ini. 
Menurut penuturan beliau bahwa saat ini lutut dan sendi pergelangan kaki (kanan dan kiri) mengalami bengkak. Linu sekali. Setelah melakukan pemeriksaan medis (menurut dokter bedah tulang, dari informasi beliau), ternyata beliau mengalami " Rhabdomyolisis,  Ototnya getas,  sehingga Kl pecah menyebabkan bengkak dan menurunkan fungsi ginjal", begitu tutur beliau pada saya.

Saya benar-benar tertegun atas kenyataan ini. Sebelumnya saya juga memahami bahwa sistem syaraf dan pembuluh darah berikut otot di lutut itu terhubung dengan organ vital tubuh manusia. Pemahaman saya bahwa sumbatan syaraf akan menghambat aliran darah dan atau syaraf yang menjadi penghubung antar organ tubuh, makin bertambah. Setelah menelusuri literatur dan salah satunya di artikel https:///www.alodokter.com, membahas tentang hal ini. Berikut kutipannya sebagai tambahan informasi pengetahuan: 

" Rusaknya otot juga melepaskan zat mioglobin ke aliran darah. Mioglobin sendiri merupakan protein yang berfungsi menyimpan oksigen dalam otot. Terlalu banyak mioglobin dalam darah dapat menyebabkan penderita rhabdomyolysis berisiko terkena komplikasi serius, seperti gagal ginjal, yaitu kondisi ketika ginjal kehilangan kemampuan dalam membuang limbah dan konsentrat urine."
(dikutip dari https://www.alodokter.com/rhabdomyolysis)

Saya seperti tersambar petir. Menurut beliau memang salah satu ginjal beliau mengalami sedikit pembengkakan (membesar dari ukuran normalnya). Sampai di sini saya serasa diberi hikmah oleh Allah SWT bahwa kerusakan lutut itu ternyata bisa lebih jauh mengganggu kesehatan manusia, termasuk dengan kejadian di atas (resiko gagal ginjal). Beliau bercerita pada saya bahwa sebelumnya, lama sebelum diberitahu dokter tentang Rhabdomyolisis ini, memang mengalami radang lutut yang cukup lama. Beliau pun tidak menyangka jika akibat radang lutut ini bisa sangat serius di kemudian waktu.
Di sinilah rasa syukur saya atas Rahmat kesehatan yang diberikan Allah atas lutut yang sehat, atas ilmu lutut yang terus bertambah. Rasanya sangat kecil ilmu yang dipahami oleh manusia dibanding ilmu Allah yang Sangat Luarbiasa. Hikmah inilah yang membuat saya memotivasi sesama, agar menjaga kesehatan lutut. Rizki kesehatan itu sudah luarbiasa dan jangan hanya beranggapan bahwa materi uang adalah rizki yang utama. Bahwa kesehatan adalah rizki Allah yang tak ada bandingannya. Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

#Lutut #Rhabdomyolisis
FITRULLAH
FIT4GLOBAL SOCIETY CARE
https://www.fitrullah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar